Sabtu, 20 Oktober 2012

Adab Pergaulan Menurut Islam

Yang mengaku muslim wajib mengetahui adab-adab dalam pergaulan yang telah diatur dalam Al Qur’an, monggo dibaca adab-adab yang harus kita ketahui:
Menjaga Pandangan
“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat’. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya…”(QS An Nur: 30-31)

Di bawah ini hanyalah salah satu keuntungan dari menjaga pandangan
Rasulullah bersabda “Sesungguhnya tidaklah sesuatu yang kalian tinggalkan karena Allah SWT kecuali pasti akan Allah ganti untukmu dengan sesuatu yang lebih baik dari apa yang dia tinggalkan”
Manisnya iman, beribu-ribu kali lebih manis daripada pandangan sesaat yang membuat hati menjadi tawanan dari apa yang ia lihat.

Menjaga Aurat
“..dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya…” (An Nur: 31)
“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali sehingga mereka tidak diganggu…” (QS Al Ahzab: 59)
Seluruh badan kecuali muka dan kedua telapak tangan, itu adalah aurat wanita.
Antara pusar dan lutut adalah batas aurat laki-laki.
Tidak Berkhalwat (Berdua-duaan)
“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir janganlah berkhalwat dengan seorang wanita kecuali bersama dengan mahramnya (orang yang haram untuk dinikahi wanita tersebut) karena yang ketiga adalah setan.” (HR Ahmad)
Tidak Menyentuh Lawan Jenis
Aisyah ra berkata, “Demi Allah, tangan Rasulullah tidak pernah menyentuh tangan wanita sama sekali meskipun saat membaiat (janji setia kepada pemimpin).” (HR. Bukhari)
Rasulullah bersabda, “Seandainya kepala seseorang ditusuk dengan jarum besi, (itu) masih lebih baik daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” (HR. Thabrani)
Mematuhi adab-adab wanita muslimah dalam segala hal, terutama dalam pergaulannya dengan laki-laki
Dalam perkataan
Saudariku, mari menghindari perkataan yang merayu dan membangkitkan rangsangan,
“…Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginan orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.” (QS Al Ahzab: 32)
Dalam Berjalan
Hindari cara jalan yang memancing pandangan orang lain terutama lawan jenis, hindari jalan yang berlenggak-lenggok atau berjingkrak-jingkrak.
“…Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan…”(QS An Nur:31)
Dalam Berdandan
Tidak usah berlebihan dalam berdandan. Hindari tabarruj (menampakkan perhiasan atau kecantikan yang ditujukan kepada mata-mata yang bukan mahram). Hati-hati dengan penggunaan minyak wangi.
Rasulullah bersabda “Siapa saja perempuan yang memakai minyak wangi kemudian ia keluar, lalu ia melewati suatu kaum (orang banyak) supaya mereka mendapati (mencium) baunya, maka ia itu adalah perempuan zina.” (HR Ahmad, Nasa’I, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Hibban, Hakim, Ibnu Khuzaimah, dan Thahawi dari Abu Musa)
Tidak melakukan hal-hal yang bisa memunculkan fitnah diantara laki-laki dan perempuan
Contohnya, sms yang tidak perlu, telepon terlalu lama atau terlalu sering di luar kadar kebutuhan, chatting yang mengarah keluar batas, dkk.
Semoga kelak jika terbit koran IEI tidak muncul berita kerusakan moral keluarga IEI karena sekarang kita semua sudah paham tentang adab-adab yang harus kita lakukan ketika bergaul dengan lawan jenis kita.
Allah yang membuka hati kita, minta padaNya agar hati ini diberi kelapangan untuk menjalankan aturan-aturanNya dan menghindari segala laranganNya.
:) Mari bersama-sama menapak ke surgaNya :)

0 Comments:

Post a Comment



Pengikut

By :
Free Blog Templates